Cara Menggunakan Fitur “Actions” pada Adobe

Tahukah Anda fungsi fitur “Actions”? Jika Anda belum mengetahui fungsi fitur Actions, Anda akan merasa terbantu saat mengetahui fungsi fitur ini terlebih bagi Anda yang ingin melakukan pengulangan step berkali-kali, contohnya mengubah kualitas gambar dengan banyak file. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda lebih dekat dengan fitur Actions ini. Fitur ini memudahkan Anda melakukan repetation berulang-ulang pada banyak file.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa fitur ini tidak hanya tersedia pada Photoshop, di Illustrator pun Anda juga bisa menjumpai fitur Actions ini. Tetapi kebanyakan orang lebih memanfaatkan fitur ini pada Photoshop. Intinya fitur Actions ini mampu membantu Anda mengulang step-by-step yang Anda rekam hanya dengan satu kali klik.

Berikut ini tahap awal dalam menggunakan fitur Actions:
Buka menu “Windows” dan pilih “Actions”, atau Anda bisa menggunakan shortcut Alt+F9

Untuk memulai awal step, Anda buat dahulu setnya dengan memilih “Create new set” pada “Palette Actions”

Setelah itu beri nama set tersebut dan tekan “record”

Maka dalam palet actions akan ada tombol bulat berwarna merah yang mengidentifikasi bahwa setiap step yang Anda lakukan akan direkam secara berurutan. Lakukan step-step yang Anda inginkan, jika dirasa sudah selesai Anda bisa menekan “Stop” untuk menghentikan proses rekam action.

Dengan begini, semua step by step yang Anda lakukan akan direkam pada set action tadi. Untuk membuktikannya, Anda bisa membuka foto lain dan tekan tombol “Play Selection” untuk mengaplikasikan step by step yang terekam, maka hasilnya akan sesuai dengan langkah-langkah yang ter-record.

Fitur Actions ini akan memudahkan Anda yang ingin mengedit banyak foto atau gambar hanya dengan sekali klik. Selain itu fitur ini juga bisa menjadi media berbagi ‘tutorial kilat’ kepada teman Anda. Hanya dengan sekali klik, hasil yang didapat akan mirip sesuai yang terekam. Bagaimana caranya?

Cara menyimpan Actions di Photoshop


Untuk menyimpan Action Set, pertama Anda harus memilih set yang ingin disimpan di palet Actions. Setelah itu Anda pilih “Save Actions” yang terdapat pada menu icon sebelah pojok kanan atas pada palet Actions.

Akan muncul sebuah pop-up yang dimana Anda dapat memberi nama dan meletakkan file yang ber-ekstensi *.atn sesuai keinginan Anda. Jika sudah yakin, kita tekan Save. Dengan file tersebut, Anda bisa berbagi “tutorial kilat” ala Anda sendiri

Cara membuka (load) Actions di Photoshop

Nah, jika kita sudah mendapatkan file dengan ekstensi *.atn, kita tinggal menge-load file tersebut di komputer kita. Caranya cukup gampang, tinggal pilih Load Action pada palet Actions dan cari dimana file tersebut Anda simpan.

Setelah kita mengetahui fungsi fitur Actions, tentu kita akan sangat terbantu untuk pengerjaan banyak file, atau mungkin mengaplikasikan step by step seseorang dengan hanya sekali klik.