Cara Mengoptimalkan Gambar: Ukuran dan Kualitas

Sering kali kita menginginkan gambar dengan kualitas bagus namun dengan ukuran/size yang tidak menguras hardisk. Tutorial kali ini berlaku tidak hanya pada Photoshop saja, terbukti pada Adobe Illustrator juga bisa diaplikasikan.

Sebagai bahan perbandingan, kita aplikasikan cara mengoptimalkan ukuran dan kualitas dengan gambar ini!

Pada kasus yang pertama, gambar ini akan kita simpan dengan step normal, yaitu File > Save as. Pada opsi ini kita akan dipampangkan pada jendela untuk memilih kualitas yang akan kita terapkan pada gambar ini. Pada banyak kasus, orang-orang lebih memilih pilihan MAXIMUM quality dengan rasio 12/12, dan pilihan ini akan menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik dan ukuran yang juga besar. Tapi sebagai bahan compare kali ini, kita akan menyimpannya pada kualitas HIGH dengan rasio 8/12. Dan gambar yang tersimpan akan sedikit berkurang kualitasnya. Untuk ukurannya, gambar ini masih dikisaran 200kb.

Sekarang kita gunakan cara mengecilkan ukuran gambar dengan File > Save For Web & Devices. Apakah cara ini lebih optimal?

Setelah kita menyimpan gambar ini dengan standar web dan device, maka kita akan dihadapkan pada window dengan tampilan yang sedikit rumit dari yang sebelumnya. Tapi tidak perlu ambil pusing, karena settingan ini masih mudah dipahami. Terlebih dahulu kita tentukan gambar yang akan kita simpan ini akan kita save pada format apa, setelah itu tentukan kualitas gambarnya.

Masih dengan pilihan yang sama, maka kita akan memilih kualitas HIGH dengan format JPEG seperti pada gambar ini:

Bagaimana hasil dari cara mengoptimalkan gambar dengan step yang kedua ini? Hasilnya sangat efisien. Dengan kualitas output yang tidak mengecewakan, gambar ini memiliki ukuran yang hanya 30% dari ukuran gambar aslinya, yaitu hanya kisaran 60kb.

Semoga tutorial ini bisa menjadi opsi untuk Anda sebagai cara mengoptimalkan dan mengecilkan gambar dengan kualitas baik. Jika Anda memiliki banyak file yang ingin dioptimalkan ukurannya, Anda bisa menggunakan bantuan Action untuk memproses banyak file hanya dengan beberapa klik.

Author: PSDfan

Cara mengecilkan ukuran gambar