Coolors: Membantu Cara Memilih Warna Yang Bagus

Jika sebelumnya kita sudah mengenal Kuler milik Adobe sebagai perpustakaan warna koleksi para desainer, sekarang kami akan mengenalkan kepada Anda sebuah website yang tidak kalah fungsinya serta lebih simple. Adalah Coolors yang merupakan website dengan fungsi sebagai tool para desainer untuk menemukan warna yang mereka cari.

Pada tampilan awal, kita akan disuguhkan dengan 5 panel yang berisi dengan warna berbeda. Disini kita bisa mengkreasikan warna dengan dasar HSB, alias Hue, Saturation, Brightness. Mungkin banyak diantara kita yang belum terbiasa dengan pemilihan warna berdasarkan HSB, tapi ketahuilah bahwa peracikan warna dengan metode ini lebih menarik dan menghasilkan warna yang tidak kalah bagusnya.

Sebagai dasar pemahaman dasar kita, untuk mendapat warna dasar, kita bisa memposisikan Saturation dan Brightness pada posisi kanan sedangkan untuk Hue-nya bisa kita geser sesuka hati hingga menemukan warna dasar yang kita inginkan. Baru setelah kita memastikan warnanya, kemudian kita bisa bereksperimen menemukan warna lain, seperti contohnya kita mencari warna pastel, atau mungkin warna yang lebih ngejreng dengan menggeser-geser Saturation dan Brightness.
coolors

Tersedia juga fitur LOCK untuk mengunci warna yang sudah kita pilih sehingga bisa menjadi acuan untuk memadu-padankan dengan warna yang lain. Ada tambahan 3 fitur lain disebelah kanan bawah, yaitu Undo, Export dan Save. Fitur Undo untuk mengembalikan ke pilihan warna sebelumnya, sedangkan Export untuk menyimpan pilihan warna kita dalam bentuk file. Tersedia 5 pilihan untuk fitur ini, yaitu copy url, PDF, PNG, SCSS dan SVG. Sedangkan untuk fitur Save yaitu menyimpan pilihan warna tersebut kedalam koleksi warna kita dalam sebuah account yang sudah kita daftarkan di Coolors.

Coolors bisa kita jadikan aplikasi berbasis web yang membantu menemukan warna sesuai keinginan kita dengan cara yang sangat mudah, yaitu tinggal menggeser-geser slide ke kanan dan kiri.

Bagi Anda yang ingin bereksperimen sendiri dengan warna, kami menyarankan untuk menggunakan Coolors. Selain tampilannya yang sederhana dan tidak terlalu berat saat membukanya, kita juga bisa melatih sense of art kita dalam memadu-padankan dan memilih warna yang bagus sesuai keinginan kita.