Membuat Efek Kaca Bening Dengan Photoshop

Berikut ini adalah cara cepat membuat bentuk lapisan kaca dengan style kaca bening pada Photoshop. Teknik profesional ini dibuat oleh Arindam Bhaduri dan terlihat sangat natural. Teknik bisa kita gunakan untuk kedepannya saat kita benar-benar membutuhkan, atau mungkin kita bisa mengkombinasikan dengan layer lain dan tentu saja dengan sedikit kontrol sehingga tampilannya masih terkesan natural.

Tutorial Efek Kaca Bening Pada Photoshop

Sebelum kita memulai tutorial ini, kita akan tunjukkan hasil akhir dari tutorial ini sehingga membuat kita terpacu untuk membuatnya sendiri.

Pertama kita buat layer awal sebagai background dengan gradient ungu. Setting gradient seperti gambar dibawah ini.

Hasilnya akan seperti ini:

Selanjutnya kita buat pattern bermotif polkadot. Buat layer baru dengan ukuran 50×50 pixel, kemudian kita buat lingkaran kecil dengan Elliptical Marquee Tool dengan ukuran 45px dan beri warna hitam pada lingkaran yang kita buat tadi.

Setelah itu kita ambil layer dengan background transparan, kemudian kita jadikan pattern melalui Edit > Define Pattern, dan kita beri nama “circle_45px”

Sekarang kita buat layer yang akan kita gunakan sebagai background dengan tampilan polkadot. Double klik pada layer tersebut hingga keluar jendela Layer Style. Pada jendela ini kita setting Pattern Overlay dengan menggunakan pattern lingkaran yang baru kita buat tadi.

Hasilnya, layer tersebut akan bermotif polkadot. Langkah selanjutnya kita buat lingkaran besar untuk menekankan efek cermin bening. Caranya kita buat seleksi lingkaran dengan Elliptical Marquee Tool setelah itu hasil seleksi itu kita buat lebih halus melalui Select > Modify > Feather. Kita setting radiusnya sebesar 50px. Setelah itu kita buat kesan cembung pada background melalui seleksi berbentuk lingkaran tadi. Pilih Filter > Distrort > Spherize

Hasil filter barusan akan kita gabungkan dengan background polkadot tadi dengan layer kita posisikan ke Overlay. Dan setelahnya kita balik warnanya melalui Image > Adjustments > Invert.

Sekarang kita masukkan object sebagai media efek kaca bening. Kita ambil objek itu dari Shape bawaan Photoshop, sebut saja objek itu dengan nama “Buah Hati”.

Gambar akan tampil kasar seperti gambar dibawah ini:

Tekan Control+Klik objek tersebut untuk membuat seleksi kemudian matikan visible pada layer objek gambar buah hati tadi. Kemudian kita buat layer baru untuk penempatan objek baru ini yang akan kita terapkan efek kaca bening. Dan isi dengan 50% gray.

Beri nama layer tersebut dengan nama “Style Bening”. Mari kita mulai membuat efek kaca beningnya. Pertama kita buka Blending Option dan turunkan fill opacity menjadi 0%, setting ini akan menimbulkan efek transparan seperti kaca bening.

Kita buat efek Bevel dan Emboss sebagai kombinasi highlight dan bayangannya dengan settingan seperti gambar berikut dibawah ini.

Untuk settingan Contournya bisa kita setting dengan mengklik contour maka akan muncul jendela baru untuk settingan contour, kemudian kita setting dengan settingan seperti pada gambar:

Settingan berlanjut pada Inner Glow dengan mengambil DARKEN sebagai Blend Mode sehingga menghasilkan warna percampuran yang sedikit gelap.

Berpindah ke settingan selanjutnya, yaitu membuat efek glow dari sisi luar. Untuk membuat efek ini, kita buat sisi luar sedikit lebih gelap sehingga kesan beningnya lebih menonjol.

Jangan lupa tambahkan bayangan pada sisi dalam dan gunakan Blend Mode Multiply untuk menghasilkan kesan gelap pada sisi luar.

Settingan selanjutnya bisa mengikuti gambar dibawah ini:

Efek bening sudah hampir selesai. Sekarang kita buat duplikasi dari style ini dan kombinasikan untuk menghasilkan efek yang lebih komplek. Kita buka Style Panel (Windows > Styles) dan klik Panel Option yang berada pada pojok kanan atas. Pilih New Style dan tulis nama style yang kita inginkan yang mana nanti akan kita gunakan selanjutnya.

Kita klik kanan pada layer yang sudah kita kasih efek Kaca Bening tadi, terus kita pilih Duplicate Layer. Kita beri nama layer duplikat tadi dengan nama “Plastic Highlight”. Sekarang kita edit sedikit layer ini dengan cara double klik pada layer tersebut dan UNCHECK semua yang ada pada Bevel and Emboss dan Satin, tetapi untuk Contour tetap aktifkan.

Sekarang klik pada Satin dan gunakan pengaturan seperti pada gambar.

Apakah sudah puas dengan hasil yang sekarang? Tentu saja tidak! Sekarang kita duplikasi lagi layer “Plastic Highlight” dan ganti namanya menjadi “Plastic Sheen”. Untuk layer ini kita setting pada Bevel and Emboss dan disusul pada settingan Drop Shadow:

Hasilnya seperti gambar ini!

Sekarang hampir kepada finishing! Pada layer Plastic Sheen kita tekan Ctrl+Shift+Alt+E untuk mengcopy dan menggabungkan layer, proses ini biasa disebut Copy Merged. Beri nama layer hasil merge tadi dengan nama Upper Reflection. Sekali lagi duplikat layer Upper Reflection dan ganti nama menjadi Floor Reflection dan letakkan dibawah layer Plastic Style.

Pada layer Floor Reflection kita kasih Opacity 40% dan pilih Multiply pada Blend Mode. Sedangkan untuk Upper Reflection kita pilih Overlay dan Opacity 50%.

Hampir selesai, sekarang kita buat Glow! Buat layer kosong diatas Upper Reflection dan gunakan Soft Brush untuk mewarnai area Glow. Pertama-tama kita matikan layer Polkadot, Upper Reflection dan Floor Reflection dan targetkan pada layer Plastic Sheen. Sekarang kita merged semua layer yang masih aktif dan beri nama hasil merged tadi dengan nama Glow Sharp dan taruh pada layer paling atas. Setelah itu kita pilih Adjustments > Image Adjustments > Levels.

Sekarang kita ubah blend modenya ke Linear Dodge. Ini cukup penting untuk diperhatikan yaitu menghilangkan sisi sudut sehingga terlihat lebih halus. Kita duplikat layer Glow Sharp dan beri nama Glow Blur dan taruh dibawah Glow Sharp. Kita setting blurnya pada Filters > Blur > Gaussian Blur dengan radius 5 piksel.

Ctrl+Klik pada bentuk layer bentuk Buah Hati hingga terbuat seleksi dan buat layer baru diatas layer Polkadot dan beri nama layer tersebut dengan nama Shadow. Isi layer tersebut dengan warna hitam dan klik ganda layer tersebut hingga keluar jendela Layer Style dan setting seperti gambar ini

Selesai! Inilah hasil dari Tutorial Efek Kaca Bening Pada Photoshop