Merubah Foto Menjadi Pop Art | PhotoShop

Kali ini kita akan belajar tutorial merubah hasil foto menjadi Pop Art dengan kesan vector. Serta penambahan halftone yang akan menambah kesan Pop Art.

Kali ini kita akan mencoba mengubah foto ini menjadi kartun khas Pop Art.

Sebelum kita memulai mengerjakan projek ini, terlebih dahulu kita tentukan warna yang akan kita gunakan mengingat desain Pop Art tidak terlalu banyak bermain warna. Kami memilih empat warna ini untuk komposisi desain Pop Art kali ini:
#fff000 (kuning)
#ffeef1 (skin tone)
#006db2 (biru)
#eb7e7c (merah)

Sekarang mari kita mulai tutorial Pop Art ini!

Pertama kita buat layer dan beri nama “garis”. Gunakan Pen Tool untuk membuat path yang kita mulai dengan membuat path di bahu wanita. Ingat, dalam membuat desain Pop Art, kita harus memberi kesan bold, dan pada tutorial ini kita akan membuatnya secara manual alias handmade. Jika path yang kita buat sudah membentu curve tertutup, tinggal kita klik kanan pada panel Path dan pilih “Make Selection”.

Isi hasil seleksi itu dengan warna hitam. Ulangi cara ini hingga membentuk outline seperti pada gambar dibawah ini.

Buat layer baru dan beri nama “rambut” yang mana layer ini kita fokuskan untuk mendesain rambutnya. Perlu diperhatikan agar layer “rambut” berada dibawah layer “garis” agar tidak mengubah bentuk outline. Pada pewarnaan rambut ini, kita bisa menggunakan teknik seperti sebelumnya yaitu menggunakan Pen Tool dan Selection atau bisa juga dengan menggunakan Brush Tool untuk mewarnai rambut dengan warna kuning.

Sekarang kita fokus ke wajah atau lebih fokusnya membuat outline untuk detail wajah. Kita taruh detail wajah ini pada layer “garis wajah”. Kita buat garis pada mata, hidung, bibir dan sekitarnya dengan Pen Tool.

Sekarang kita buat layer untuk pewarnaan mata. Kita buat layer “mata” dan taruh dibelakang layer “garis wajah”. Dan sekali lagi kita buat layer lagi dengan nama “kulit” dan taruh dibelakang layer “garis”. Kita seleksi area kulit dan beri warna skin tone sehingga area kulit sudah terisi warna.

Supaya hasil lebih detail, kita bisa menambahkan detail pattern pada kulit serta halftone sebagai background sehingga hasil akhirnya akan lebih maksimal.

Untuk tutorial pattern dan halftone akan kami bahas pada tutorial selanjutnya.

Author: designcuts

Tutorial Membuat Pop Art dengan Photoshop

Tags: